close
Powered by Blogger.
Home » , , » Doa Sapu Jagad Dan Manfaatnya Bagi manusia

Doa Sapu Jagad Dan Manfaatnya Bagi manusia

Doa sapu jagad adalah doa yang dipanjatkan kepada Allah yang menyangkut semua hal dengan bahasa yang sangat simple dan doa itu adalah 

اللَّهُمَّ آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً ، وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً ، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Allahumma (Robbana) aatina fid dunyaa hasanah, wa fil akhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaban naar.
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam Sangat Menyukai Do’a yang Singkat Namun Penuh Makna

Baca juga Melindungi bayi dari gangguan Jin dan Setan

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْتَحِبُّ الْجَوَامِعَ مِنْ الدُّعَاءِ وَيَدَعُ مَا سِوَى ذَلِكَ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyukai doa-doa yang singkat padat, dan meninggalkan selain itu.” (HR. Abu Daud no. 1482, dikatakan shahih oleh Syaikh Al Albani)

Baca juga Tanda tanda orang akan terkena santet

Hadits ini menunjukkan beberapa hal:

    Dianjurkannya do’a dengan lafadz yang ringkas namun mengandung banyak makna kebaikan.
    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah diberi keistimewaan dengan jawami’ul kalim, yaitu diberikan kalimat-kalimat yang ringkas ketika diucap namun mengandung banyak makna dalam hukum dan ilmu.
    Kalimat yang paling baik adalah kalimat yang sedikit (ringkas), namun syarat makna. Oleh karena itu, sangat dianjurkan seseorang menggapai maksud dari pembicaraan dengan kalimat yang mudah, namun sarat makna.

Baca juga  Ciri orang yang pelihara tuyul

Jangan membaca doa yang sangat panjang tetapi kita tidak iklas dalam berdoa dan semua itu jangan sampai karena imbalan , misalkan saja jika anda diminta memimpin doa di rumah oraang miskin doanya sangat cepat dan pendek sedangkan untuk doa yang dirumah orang kaya sangat panjang dan lama. Doa dari hati meskipun pendek dan sungguh sunguh Insya Allah dikabulkan Allah SWT.