close
Powered by Blogger.
Home » , , » Orang Mati Bisa Di Ajak Bicara? Ini Penjelasannya

Orang Mati Bisa Di Ajak Bicara? Ini Penjelasannya

Kematian bagi sebagian orang menganggap adalah akhir dari sebagainya, namun untuk umat muslim mati hanyalah perpindahan alam atau dunia. Dari dunia nayat ke alam kubur Allah mengabadikan pertanyaan itu dengan firmanNya:

وَقَالُوا أَئِذَا ضَلَلْنَا فِي الْأَرْضِ أَئِنَّا لَفِي خَلْقٍ جَدِيدٍ بَلْ هُمْ بِلِقَاءِ رَبِّهِمْ كَافِرُونَ
“Dan mereka berkata: “Apakah bila kami telah lenyap (hancur) di dalam tanah, kami benar-benar akan berada dalam ciptaan yang baru?”. Bahkan (sebenarnya) mereka ingkar akan menemui Tuhannya”. (QS. as-Sajadah: 32/10)

Baca juga Tanda tanda orang yang akan terkena santet dan guna guna

Sedangkan mereka yang mati masih dapat mendapatkan pahal dari doa anak yang soleh yang mau mendoakan orang tuanya , amal sholeh sewaktu masih hidup dan juga shodaqoh jariyah.Orang tersebut memahami keyakinan hatinya dari sebuah Hadits Nabi SAW yang sangat masyhur yang artinya: “Apabila anak Adam mati maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga hal, yaitu shodaqoh jariyah atau ilmu yang bermanfaat, atau anak yang sholeh yang mendo’akan kepadanya”. Barangkali karena mengartikan hadits ini didasari keyakinan yang berlebihan, maka mereka menjadi terjebak kepada pemahaman yang salah.

Baca juga Ciri ciri orang yang pelihara tuyul

Di dalam hadits tersebut, Rasulullah SAW mengatakan “terputus amalnya” (In qotho’a ‘amaluhu) bukan “terputus kemanfaatannya” (In qotho’a Naf’uhu). Kalau seandainya Nabi SAW mengatakan terputus kemanfaatan, maka benar adanya, bahwa orang mati tidak ada hubungan lagi dengan orang hidup, sehingga apapun yang dikerjakan oleh orang hidup untuk orang mati tidak sampai. Rasul SAW mengatakan “terputus amalnya”, yang artinya bahwa anak Adam yang sudah mati terputus amalnya. Sejak itu mereka sudah tidak dapat beribadah lagi, mereka tidak dapat mencari pahala (makanan untuk ruhnya) sebagaimana saat mereka masih hidup di dunia.

Baca juga Cara melindungi bayi dari gangguan Jin dan setan

Ada sebagain umat muslim yang tidak percaya bahwa orang yang mati masih bisa didoakan sehingga kita di anjurkan untuk selalu berdoa dan memohon kan ampunan bagi mereka yang lebih dulu meninggal sehingga diringankan dosanya. namun dalam agama Islam yang indah ini kita saling mendoakan setiap habis sholat kepada seluruh umat muslim didunia baik yang sudah meninggal maupun belum.
Jangan lupa baca Bacaan doa dan amalan pembuka rejeki