close
Powered by Blogger.
Home » , , » Berbagai Cara Hantu dalam Menampakan Diri Terhadap Manusia

Berbagai Cara Hantu dalam Menampakan Diri Terhadap Manusia

Jika berbicara tentang hantu ada sebagain yang percaya ada juga yang tidak tetapi walaupun merasa gak percaya tetap saja fenomena ini sering menjadi bahan ulasan baik di media massa cetak,elektronik dan lain sebagainya. Secara ilmu fisika hantu dan Jin merupakan energi yang mempunyai masa sehingga memang bisa di lihat dengan berbagai cara. Namun jika hantu tadi ingin menmpakkan diri maka ia wajib mengubah energinya sesuai dengan energi manusia yang disekitarnya.

Sedangkan dalam konteks yang Islami hantu dan Jin bisa dijelaskn di sini, Kata jin berasal dari janna. Segala sesuatu yang tersembunyi darimu didalam bahasa arab disebut dengan janna anka.

Ibnul Manzhur mengatakan bahwa dinamakan jin karena mereka tersembunyi dan tidak terlihat oleh mata. Dinamakan janin karena ia tersembunyi di perut ibunya. Orang-orang jahiliyah dahulu pun menamakan malaikat dengan jinn dikarenakan ia tersembunyi atau tidak terlihat oleh mata.

Firman Allah swt :

وَالْجَآنَّ خَلَقْنَاهُ مِن قَبْلُ مِن نَّارِ السَّمُومِ

Artinya : “Dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas.” (QS. Al Hijr : 27)

Sedangkan setan adalah berasal dari kata syathona yang berarti jauh, artinya jauh dari kebaikan. Ada yang mengatakan bahwa syaithon adalah bentuk fa’laan dari syaatho, yasyithu yang berarti celaka dan terbakar, ini menurut mereka yang menganggap bahwa huruf nun di kata syathon adalah tambahan. Sedangkan menurut Zuhri bahwa makna yang pertama lebih dikenal.

Sementara itu secara umum setan berarti yang maksiat, enggan dan terpenuhi dengan keburukan serta kemunkaran atau yang membangkang sehingga ia berbuat maksiat.
Dan segala sesuatu yang sewenang-wenang, membangkang baik dari golongan jin, manusia maupun binatang disebut setan. (Al Mausu’ah al Fiqhiyah juz II hal 2544)

Sementara itu Syeikhul Islam Ibnu Taimiyah mengatakan bahwa setan adalah manusia atau jin yang membangkang sedangkan seluruh jin adalah anak-anak iblis. (majmu’ al Fatawa juz VII hal 15)

Adapun kata hantu didalam bahasa Indonesia sering digunakan untuk menyebutkan sesuatu yang membangkang, jahat, menakutkan dan tersembunyi dari mata manusia atau ghaib. Sehingga kata hantu digunakan untuk kuntilanak, pocong, gondoruwo, tuyul dan lain-lain. Akan tetapi kata hantu tidak pernah digunakan untuk manusia yang membangkang, jahat atau menakutkan.

Dengan demikian hantu termasuk dalam kategori setan dari golongan jin, sebagaimana makna setan diatas.

Sedangkan di Indonesia ada beberapa jenis hantu yang sering menampakkan diri di lingkungan kita yaitu;

Genderuwo

Untuk peringkat pertama adalah hantu genderuwo . Genderuwo sendiri sangat dikenal usil dan sering menampakkan dirinya kepada orang yang sedang berjalan sendirian . Genderuwo sendiri sering sekali menakut-nakuti orang-orang yang tidak memiliki iman dan memiliki rasa takut yang tinggi .
Wujud dari Genderuwo sendir adalah hitam dan tinggi besar . Beberapa orang yang lainnya menyebutkan jika Genderuwo memiliki kulit yang berwarna merah .


Kuntilanak
Peringkat kedua jenis hantu yang sering menampakkan diri jatuh kepada Kuntilanak . Salah satu jenis hantu mitologi yang paling terkenal ini dikabarkan memiliki sifat yang sangat usil . Ia sangat suka mengganggu laki-laki yang tidak memiliki iman yang kuat .
Beberapa orang menyebutkan jika kebanyakan Kuntilanak menakut-nakuti orang yang ditemuinya dengan suara tangisan dan suara tertawa .

Pocong

Peringkat ketiga untuk jenis hantu yang sering menampakkan dirinya adalah Pocong . Pocong adalah jenis hantu yang berwujud manusia menggunakan kain kaffan . Beberapa orang yang mengaku pernah bertemu dengan Pocong menyebutkan jika hantu jenis ini sangat suka mengejar dan mengikuti kemanapun orang tersebut berlari . Ada sebuah legenda yang menyatakan bahwa pocong memiliki lompatan yang cepat dan dapat mengejar lari kita yang begitu kencang .

 Hantu menurut orang yang tidak mempercayai hanyalah sebuah objek khayalan semata yang tercipta karena kondisi mental seseorang sedang drop atau lemah!bukti foto atau video pun oleh sebagian kalangan dianggap sebuah rekayasa meskipun mungkin di banyak bukti foto dan video tersebut terselip foto dan video penampakan hantu yang sesungguhnya.
Eksistennsi keberadaan hantu akan terus diperdebatkan oleh orang-orang karena keberadaannya yang masih berada di wilayah abu-abu,antara nyata atau khayalan.Mungkin layaknya misteri seputar UFO,keberadaan Hantu akan terus menjadi tanda tanya yang takkan pernah terpecahkan.